Saturday, January 1, 2011

Pencegahan Agar Komputer Terhindar dari Malware ( Bag 2 )


Kemarin telah diulas tentang malware dengan jenis spyware. Nah, artikel kali ini akan melanjutkan artikel yang kemarin yaitu Pencegahan Agar Komputer Terhindar dari Malware (Bag 1). Kalau teman-teman belum membaca artikelnya, klik disini untuk menuju bagian 1nya. Kalau sudah pernah membacanya, ya baca terusan artikel ini.

Kali ini, malware yang dibahas adalah malware dengan type Trojan. Mungkin selama ini kita juga menganggap bahwa virus dengan Trojan adalah barang sama. Anda salah untuk kedua kalinya setelah menganggap bahwa trojan adalah virus. Setelah kemarin, Anda menganggap bahwa spyware adalah virus.

Nggak usah khawatir, dengan membaca artikel ini Anda bisa mengetahui perbedaan dari semuanya.
Mungkin dengan pertanyaan yang sama,”darimanakah Trojan berasal?” Trojan didapat ketika melalui file download. Misalnya download software. Oleh karena itu, karantina dahulu hasil download sebelum akhirnya Anda pakai. Tidak hanya dikarantina saja yang pasti. Anda juga harus menyecan download-an tersebut. Selain itu, download-lah program atau file-file di situs terpercaya agar mengurangi resiko adanya Trojan.

Banyak resiko yang dihasilkan ulah Trojan. Salah satu diantaranya adalah Anda tidak bisa membuka file dengan format .exe. Ini sangat menjengkelkan karena tanpa format .exe kita tidak dapat menginstall suatu program. Lantas, bagaimana cara mencegah Trojan? Berikut akan dijelaskan cara menghindari Trojan secara umum:
  • Memastikan file dikirimkan belum pernah dibuka oleh orang lain. Hal ini menghindari apabila file tersebut diisi Trojan oleh si pembuka file
  • Mewaspadai file yang disembunyikan dengan nama yang aneh. Seperti 000000W$$.
  • Cek computer Anda. Jangan sampai ada program yang berjalan secara otomatis. Hal ini bisa saja Trojan. Karena tidak mungkin suatu program berjalan dengan sendirinya tanpa kita klik.
  • Jangan mendownload program executable “check it out”, karena ini adalah sebuah Trojan. Jika program ini dijalankan, nggak usah ditanya lagi. Sudah pasti Trojan akan menggrogoti computer Anda dengan lancar
Hal diatas adalah cara untuk “mencegah” Trojan agar tidak masuk dalam kompuer kita. Lantas bagaimana jika computer kita sudah dimasuki program Trojan? Trojan merupakan suatu program pengganggu yang membutuhkan kecerdasan dalam menghapusnya. Bukan bermaksud sombong. Apabila kita tidak cerdas, maka dalam menghapus Trojan juga pasti akan kesulitan. Itu dikarenakan proses menghapus Trojan adalah proses yang penuh bahaya.

Mengapa saya katakan demikian? Apabila kita membuat sebersit kesalahan, maka kita akan kehilangan kemampuan dalam menjalankan program. Dapat juga dikatakan bahwa kita membuang registry suatu program. Oleh karena itu, kita harus hati-hati. Simak baik-baik ulasan berikut ini.
  • Pelajari baik-baik perilaku dan jenis Trojan. Pada umumnya, Trojan bersifat hidden, menyerang startup windows, selalu memanfaatkan registry agar tak terdeteksi, dan menyerang file-file system windows
  • Putuskan koneksi internet agar Trojan tidak menyebar. Trojan hanya dapat menyebar jika ada koneksi internet
  • Matikan file Trojan pada task manager di tab process.Matikan program Trojan disitu. Namanya bersifat asing dan tidak umum.
  • Anda dapat menggunakan program Trojan remover. Untuk mendapatkan filenya, klik disini.
Semua itu merupakan ulasan tentang malware type trojan. Masih ada lagi artikel-artikel yang berhubungan dengan bagian ini. Seperti judulnya saja adalah part 2 yang artinya artikel ini masih memiliki sambungan. Jadi, kalau ingin mengetahui kelanjutan selanjutnya, segera simpan alamat blog ini.

Nah, bagi teman-teman yang belum paham atau menemukan kesulitan, silahkan comment atau kirim pertanyaan via e-mail beritakomputer99@gmail.com. Pasti dibalas kok. . Sampai Jumpa. . Semoga berguna. .

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons